Dana yg didonasikan melalui LAZ RYDHA bukan bersumber dan bukan untuk tujuan pencucian uang (money laundry),
termasuk terorisme maupun tindak kejahatan lainnya
Rp 10.885.979terkumpul dari target Rp 6.000.000.000
  • Informasi
  • Donatur
  • Penyaluran

ZAKAT PENGHASILAN / PROFESI

Zakat penghasilan atau zakat profesi adalah bagian dari zakat maal yang wajib dikeluarkan atas harta yang berasal dari pendapatan / penghasilan rutin dari pekerjaan yang tidak melanggar syariah (halal).

besaran nishab zakat penghasilan yaitu sebesar 653 kg gabah / 524 kg beras (saat mendapatkan/panen) atau 85 gram emas per tahun . Kadar zakat penghasilan adalah senilai 2,5%.

Dalam praktiknya, zakat penghasilan dapat ditunaikan setiap bulan dengan nilai nishab per bulannya adalah setara dengan nilai seperduabelas (1/12) dari 85 gram emas atau langsung ditunaikan ketika mendapatkan penghasilan, dengan kadar 2,5%.

Jadi apabila penghasilan setiap bulan telah melebihi nilai nishab bulanan, maka wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5% dari penghasilannya tersebut.

ZAKAT MAAL

Zakat maal yang dimaksud dalam perhitungan ini adalah zakat yang dikenakan atas uang, emas, surat berharga, dan aset yang disewakan. Tidak termasuk harta pertanian, pertambangan, dan lain-lain yang diatur dalam UU No.23/2011 tentang pengelolaan zakat.

Zakat maal harus sudah mencapai nishab (batas minimum) dan terbebas dari hutang serta kepemilikan telah mencapai 1 tahun (haul). Nishab zakat maal sebesar 85 gram emas. Kadar zakatnya senilai 2,5%.

(Sumber: Al Qur’an Surah Al Baqarah ayat 267, Peraturan Menteri Agama Nomer 31 Tahun 2019, Fatwa MUI Nomer 3 Tahun 2003, dan pendapat Shaikh Yusuf Qardawi).

ZAKAT EMAS

Emas wajib dizakati ketika telah dimiliki atau disimpan selama 1 tahun oleh pemiliknya dan telah mencapai nishab senilai 85 gram emas.

ZAKAT PERDAGANGAN

Hasil perdagangan wajib dizakati jika telah mencapai nishab 85 gram emas, dan telah berjalan selama 1 tahun dengan besaran zakat 2,5%.

ZAKAT PERTANIAN

Hasil pertanian wajib dizakati jika telah mencapai nishab 653 kg gabah atau 524 Kg beras, dengan tarif kadar zakat 5% (mengeluarkan operasional) atau 10% (tidak mengeluarkan operasional) dan dizakati ketika menghasilkan (Panen).

Donasi (13 Donatur)
Sukamto1 bulan yang lalu
Donasi 500.947
Smoga kami selalu dalam Rahmat dan Lindungan Allah SWT
HAYA HARARIT1 bulan yang lalu
Donasi 250.282
Semoga kami sekeluarga sehat walafiyat, di beri rezeki yang barokah, Farrand dan Ghaaziy jadi anak sholeh, sehat, Pinter, baik, murah rezeki dan selalu di lindungi dan di jaga oleh Allah SWT. Semoga Kita semua Husnul khotimah jadi keluarga sakinah mawaddah warrahmah. Aamiiin Allahumma Aamiiin.
Abinawanto1 bulan yang lalu
Donasi 100.481
Hamba Allah2 bulan yang lalu
Donasi 4.687
Berikan kemudahan dan Lancarkan usaha kami.
Vinessia William Putri3 bulan yang lalu
Donasi 3.000.962
Semoga bermanfaat

Yuk Share Campaign Zakat Ini Via :

Tidak menggunakan titik
Chat CS LAZ RYDHA
1
Assalamualaikum CS LAZ RYDHA
Assalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat Datang Bapak/Ibu, terima kasih atas kunjungannya. Apakah yang bisa kami dibantu?