LAZ RYDHA – Rumah Yatim Dhuafa Rydha

Jangan Tidur Setelah Subuh, ini dia Penjelasannya

Tidur setelah subuh tidak dianjurkan oleh Islam, mengapa demikian?

Islam bukan tanpa alasan ketika melarang kita untuk melakukan suatu hal, contohnya dengan dilarangnya untuk tidur setelah Subuh. Hal tersebut dikarenakan tidak baik bagi kesehatan dan menghilangnya keberkahan rezeki, karena di waktu setelah subuh merupakan waktu turunnya berkah dan rezeki, jika tidur pada waktu ini maka kesempatan untuk mendapatkan keberkahan rezeki akan terlewatkan.

Larangan ini diperkuat dengan adanya do’a dari Rasullullah SAW

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Jika berbicara tentang “berkah” terkadang tidak masuk logika dan hitungan matematika. Mungkin sering ada yang bilang:

“Saya sering tidur setelah subuh (bahkan kelewatan shalat subuh), tapi rezeki saya tetap lancar”

Jawabnya: walaupun secara hitungan rezekinya banyak, tetapi belum tentu berkah. Belum tentu ia qanaah dan bahagia dengan banyaknya harta yang dimilikinya. Bisa jadi banyak yang ia dapat, banyak juga yang ia keluarkan dalam hal yang kurang bermanfaat.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata :

وَنَوْمُ الصُّبْحَةِ يَمْنَعُ الرِّزْقَ؛ لِأَنَّ ذَلِكَ وَقْتٌ تَطْلُبُ فِيهِ الْخَلِيقَةُ أَرْزَاقَهَا، وَهُوَ وَقْتُ قِسْمَةِ الْأَرْزَاقِ، فَنَوْمُهُ حِرْمَانٌ إِلَّا لِعَارِضٍ أَوْ ضَرُورَةٍ،

“Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu mahluk bangun mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang (makruh) kecuali ada penyebab atau keperluan.”

Selain menghilangnya keberkahan rezeki, secara medis tidur setelah subuh juga dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan.  Dikutip dari Alodokter ada 7 bahaya tidur setelah subuh bagi kesehatan, diantaranya yaitu :

1. Diabetes

Menurut penelitian, tidur setelah subuh dapat meningkatkan risiko Anda terserang diabetes Begitu juga halnya jika Anda terlalu banyak tidur. Hal ini karena gangguan tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin sehingga kadar gula darah akan cenderung meningkat pada orang yang tidurnya bermasalah.

Baca juga  Sudah Tahu Belum? Keutamaan Puasa Arafah dan Faedah Haditsnya

2. Obesitas

Tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak bisa membuat berat badan meningkat. Menurut studi, orang yang kurang dari 7 jam setiap malamnya memiliki risiko obesitas yang lebih tinggi, dibandingkan orang yang tidur selama 7-8 jam sehari. Hal ini diduga karena kurang tidur dapat membuat nafsu makan meningkat, sehingga orang akan cenderung makan lebih banyak ketika kurang tidur.

3. Penyakit jantung dan pembuluh darah

Sering tidur di pagi hari dan tidak cukup tidur dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke. Kurang tidur akan meningkatkan tekanan darah dan peradangan dalam tubuh. Kedua hal inilah yang akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

4. Mudah lupa

Waktu tidur yang tidak mencukupi bisa membuat seseorang menjadi lebih pelupa. Karena saat tertidur, tubuh akan berisitrahat dan memperbaiki jaringan-jaringan tubuh, termasuk sel-sel otak. Saat seseorang kurang tidur, jaringan otaknya juga akan kekurangan oksigen serta energi sehingga ia menjadi mudah lupa

5. Sulit berpikir dan berkonsentrasi

Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup dan berkualitas membuat seseorang dapat berpikir jernih, mudah mendapatkan ide, dan mampu memecahkan masalah. Orang yang sering tidur setelah subuh atau kurang tidur akan lebih sulit untuk fokus bekerja dan memusatkan perhatian. Hal ini sudah pasti akan mempengaruhi kinerja dan produktivitas kerja di kantor.

6. Mood mudah berubah

Kurang tidur di malam hari dalam jangka panjang dipercaya dapat menyebabkan perubahan mood, bahkan depresi. Selain itu, bahaya tidur setelah subuh juga bisa membuat emosi seseorang menjadi kurang stabil lantaran kelelahan.

7. Peningkatan risiko kanker

Orang yang sering tidur setelah subuh karena harus bekerja shift atau menjalani aktivitas tertentu di malam hari memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker. Hal ini didukung oleh beberapa studi yang menyebutkan bahwa sebagian pasien kanker memiliki kebiasaan sering begadang atau tidur kurang dari 7 jam.

Baca juga  Tips Agar Tubuh Segar, Tidak Tidur Lagi Setelah Subuh

Agar bahaya tidur setelah subuh akibat kurang tidur tidak dialami, usahakan tidur di waktu yang sama setiap hari, batasi konsumsi kafein, rajin olahraga, serta matikan lampu kamar, gawai, dan barang elektronik lainnya saat sudah berbaring di tempat tidur. Bila kurang tidur sampai mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, sebaiknya periksakan kondisi tersebut ke dokter agar dapat diberikan pengobatan sebelum menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Dari penjelasan di atas baik dari segi keberkahan dan kesehatan dapat disimpulkan bahwa tidur setelah subuh tidak dianjurkan (tidak diperbolehkan), oleh karena itu sangat dianjurkan agar Kita tidak tidur setelah subuh untuk menghindari berbagai masalah yang telah disebutkan di atas.

** Semoga Bermanfaat **

*Artikel ini dikutip dari Alodokter.com dan portaljember.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp