LAZ RYDHA – Rumah Yatim Dhuafa Rydha

Pasca Gempa Cianjur, LAZ Rydha Menyiapkan Humanis untuk Warga yang Terdampak

Pasca Gempa Cianjur, LAZ Rydha Menyiapkan Humanis untuk Warga yang Terdampak

RYDHA News – Merespon bencana gempa bumi Cianjur, pada Kamis (12/1/2023) LAZ RYDHA menyalurkan dana dari para donatur untuk menyiapkan HUMANIS (Hunian Nyaman dan Manis) untuk korban gempa Cianjur. HUMANIS adalah rumah yang dibangun untuk hunian korban bencana gempa Cianjur. Seperti kita ketahui bersama kerugian moril dan materil yang dampaknya sangat terasa untuk keberlangsungan hidup mereka.

HUMANIS yang berkonsep “A House” ini dibangun di Kp. Barujaya Rt. 002/007 Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Salah satu penerima manfaat HUMANIS ini adalah keluarga Bapak Iin Solihin beserta istri dan 3 anaknya yang rumahnya hancur akibat gempa. Pak Iin bekerja sebagai tukang kayu dan kuli bangunan, beliau sangat berperan aktif dalam membantu tim relawan untuk membangun rumah-rumah humanis sebelumnya.

Desa Padaluyu merupakan salah satu daerah yang mengalami kerusakan cukup parah. Di antaranya sebanyak 2.345 unit rumah rusak, 162 korban jiwa yang 40 di antaranya adalah anak-anak.

“Korban kebanyakan anak-anak, mereka tertimpa bangunan yang ambruk.” Ucap Bapak Iin kepada Tim Relawan LAZ RYDHA.

Terungkap bahwa banyaknya korban yang berjatuhan karena gempa terjadi pada siang hari, sekitar pukul 11.16 WIB, ketika warga sibuk beraktivitas.

“Bayangkan saja, ini siang hari kejadian dan warga tinggal di rumah-rumah tidak tahan gempa, begitu ada gempa ya langsung ambruk, ga kebayang kalau malam hari.” lanjut Pak Iin

Salah satu anaknya yang berumur 5 tahun juga merupakan salah satu korban ganasnya gempa Cianjur. “Anak saya juga yang 5 tahun ini jadi korban tertimpa reruntuhan selama 2 hari sampai keluar darah dari telinga tapi syukur alhamdulillah masih diberi keselamatan” Jelas Pak Iin

Selain HUMANIS, bantuan lain juga diberikan berupa sembako, pakaian layak pakai, seragam dan alat tulis. Bantuan tersebut diberikan melalui posko dan akan disalurkan bertahap per dua hari sekali kepada 125 Kepala Keluarga dan 425 jiwa.

Baca juga  Persiapkan Dirimu! Ini Dia Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021

.

.

.

.

.

 

Kunjungi Website kami di :

=============

berbagi.lazrydha.org

=============

Pastikan Follow : @lazrydha  –  @infokebaikan_

Save & Share Jazakumullah Khairan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *